Valencia Indonesia

Selamat datang di fanweb Valencia Indonesia!
(Silahkan ketik Ctrl+D terlebih dahulu untuk bookmark halaman ini)
Website ini dibuat untuk para
Valencianista di Indonesia, berisikan berita-berita terbaru seputar klub Valencia CF serta sebagai ajang diskusi dan kumpul bersama bagi Valencianista di Indonesia.
Amunt Valencia!

Follow

Like Button

Selasa, 23 Agustus 2011

Hampir Separuh Klub La Liga Tak Punya Sponsor Utama

Jakarta - Liga Spanyol musim 2011/2012 akan memunculkan pemandangan tak biasa pada jersey tim-tim yang berlaga. Hampir setengah klub di kompetisi tersebut hingga kini belum mendapat sponsor utama.

Dikutip dari Marca, ada sembilan klub yang hingga kini tidak memiliki sponsor utama, yang umumnya terpampang di jersey mereka. Dari sembilan klub tersebut bahkan beberapa di antaranya masuk kategori klub papan atas seperti Valencia, Villarreal, Sevilla serta Atletico Madrid. Dua klub yang disebut pertama bahkan lolos ke fase grup Liga Champions musim ini.

Kondisi tersebut diklaim Marca bisa menggoyahkan kondisi keuangan klub-klub terkait. Padahal di saat bersamaan Real Madrid dan Barcelona justru punya kontrak senilai sekitar 30 juta euro permusim terkait tercantumnya nama sponsor di jersey mereka yang dalam hal ini adalah Bwin dan Qatar Foundation.

Atletico Madrid yang selama enam musim ke belakang dapat tujuh juta euro dari KIA kini harus mencari sponsor baru setelah perusahaan otomotif tersebut menolak memperpanjang kerjasama. Atletico masih menargetkan mendapat sponsor yang setidaknya bersedia membayar lima juta euro permusim.

Dari Villarreal, 'Aeroport Castello' tak akan lagi terpampang di seragam mereka musim 2011/2012 ini. Inilah untuk kali pertama sejak promosi ke divisi utama Liga Spanyol The Yellow Submarine tak punya sponsor di seragamnya.

Sedangkan Sevilla dan Valencia juga belum mendapat sponsor untuk mengisi kekosongan jersey yang sudah terjadi sejak musim lalu. Kedua klub hingga kini masih yakin akan bisa meraih kesepakatan senilai 3,5 juta euro dalam waktu dekat.

Pada klub-klub yang memiliki sponsor utama, jurang ketimpangan dengan duo Madrid-Barcelona masih sangat lebar. Jika kedua raksasa tersebut masing-masing bisa mengantongi 30 juta euro semusim, maka total nilai sponsor yang dimiliki sembilan klub lainnya hanya 10 juta euro semusim.

Satu pengecualian di antara klub-klub La Liga tersebut adalah Malaga. Klub milik pengusaha kaya asal Qatar tersebut memilih membayar UNESCO untuk bisa mencantumkan logo badan PBB tersebut di jersey mereka, sebagaimana telah terjadi sebelumnya antara Barcelona dengan UNICEF.

Klub yang memiliki Sponsor

Barcelona (Qatar Foundation): 30 juta euro
Real Madrid (bwin): 25 + 5 juta euro
Athletic (Petronor): 2 juta euro
Sporting (Gijón/Asturias): 2 juta euro
Levante (Comunitat Valenciana): 1,5 juta euro
Real Sociedad (Guipuzkoa): 1,2 juta euro
Getafe (Burger King): 1 juta euro
Real Betis (CIRSA): 1 juta euro
Real Mallorca (Bet-at-home): 0,8 juta euro
Racing Santander (Chorizo Palacios): 0,4 juta euro
Granada (Caja Granada): tak diketahui

Klub tanpa Sponsor


Valencia
Villarreal
Atlético Madrid
Sevilla
Real Zaragoza
Osasuna
Rayo Vallecano
Espanyol
Málaga (membayar UNESCO untuk kontrak berdurasi empat tahun)
(detik)

Tidak ada komentar: